Menyembunyikan Sidebar pada Blog

Halo Blogger Mania! Ada lagi ini satu trik sulap menyulap atau menghilagkan sesuatu dari kami setelah sebelumnya kami mengeshare cara MembuatPosting Tersembunyi Pada HomePage kali ini zokufo akan mengeshare cara Menyembunyikan Sidebar Pada Blog. Metode ini sudah saya terapkan pada blog saya. Yang tentunya anda sudah bisa melihatnya langsung ketika anda mengeklik/membuka salah satu post yang ada di blog saya Zokufo Tutorial ini.


Okay Pada intinya ini hanya memasukan Kode Jadi seperti biasa lakukan “Backup Data” pada Template anda Terlebih dahulu.


Mari kita mulai cara Menyembunyikan Sidebar pada Blog :

  • Login ke akun Blogger anda.
  • Pada dashboard anda klik Edit HTML             
  • Cari Kode Berikut </head>
  • Lalu lakukan Copy paste code dibawah ini tepat sebelum code </head>



<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>

#html5{display:none;}

</style>

</b:if>
Kode <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> berarti sidebar/gadget akan tersembunyi pada posting dan terlihat pada homepage. #html5 adalah id Gadget yang ingin anda sembunyikan, untuk Sidebar biasanya memiliki Id #sidebar-wrapper (anda bisa cari id wrappernya di dalam kode b:skin).
Anda juga bisa merubah besar kecil huruf atau gambar background sehingga berbeda dengan mainpage atau bagian home dari blog anda. Ini bisa kita lakukan dengan menambahkan langsung pada code diatas sehingga menjadi seperti ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>

<style>

#html5,{display:none;}

#sidebar-wrapper{width: 25%; float: none; margin: 0 auto;}

</style>

</b:if>



Pada code diatas yang saya rubah adalah ukuran ukuran #sidebar-wrapper, ukuran 25% didapat dari presentase lebar seluruh blog wrapper, float disini none, jika anda menginginkan rata kanan isi float dengan right dan left untuk kiri, margin silahkan di isi 1 untuk memberi jarak.


Jika anda menginginkan untuk menyembunyikan salah satu gadget atau sidebar pada halaman utama , misalkan menyembunyikan #main-wrapper anda maka code di atas diganti menjadi:



<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>

<style>

#main-wrapper{display:none;}

</style>

</b:if>



Save Template anda dan padukan sidebar yang anda hilangkan agar blog anda dinamis dan terlihat lebih cantik. Untuk Trik Lebih lengkap silahkan lihat artikel berikut Menyembunyikan Elemen pada Blog


Sumber Dengan Banyak Pengubahan.

Comments

Related Post